The Melbourne Gaol, Australia

27 Oct 2009

Kalau kita mendengar istilah Lembaga Pemasyarakatan atau LP, pasti kesan pertamanya menyeramkan. Selain terkesan banyak yang main hakim sendiri dan pemerasan di dalamnya, ternyata korban yang meninggal juga membuat orang awam berpkir dua kali buat kesana. Salah satu penjara yang populer adalah The Melbourne Gaol yang letaknya berada di Melbourne, Australia. Penjara tertua di Melbourne Australia ini telah menggantung 135 orang.

melbourne-gaol

Penjara berlantai tiga yang dbangun tahun 1870 ini tercatat sebagai penjara kelas berat. Bilik tawanannya hanya seluas 4×2 meter. Lantai pertama buat orang-orang yang melakukan pembunuhan dan perampokan. lantai dua, buat pencuri dan penjambret. Sementara lantai tiga khusus buat orang-orang yang melakukan kejahatan seperti korupsi dan tidak membayar hutang bank atau pajak.

Pelaksanaan hukum gantung juga dilakukan di dalam penjara ini. Bahkan hingga kini, kita bisa melihat replika orang-orang yang digantung, serta alat eksekusinya.

Kabarnya : dulu bila tawanan membuat onar, berkelahi, atau berniat kabur, mereka langsung dihukum cambuk. Teriak kesakitan langsung terdengar menggema hingga seluruh penghuni sel tak pernah bisa tidur lelap. Mereka juga diharuskan untuk kerja paksa, apabila tidak melaksanankan akan dicambuk dan disiksa. Tak terkecuali yang sakit.

Tahun 1880 penjaraini disarankan buat ditutup. Tapi baru tahnu 1929 benar-benar ditutup buat tawanan. Tahanan yang sudah ada pun dipindahkan. Sebelum perang dunia kedua, penjara ini kembali menelan banyak korban. banyak tentara Australia yang membelot dihukum disini. Akhirnya tahun 1970, pemerintah menjadikan ini sebagai obyek wisata dan museum. kita juga bisa membaca beberapa memorabilia tentang penjahat legendaris yang pernah dihukum mati disini.


TAGS


-

Author

Follow Me